Rektor UT Tak Akan Biarkan Mahasiswa Bingung Saat Jalani UAS THE

- 8 Desember 2020, 16:15 WIB
Prof Ojat Darojat
Prof Ojat Darojat /Antaranews.com

PR Metro Lampung News-- Prof Ojat Darojat, Rektor Universitas Terbuka mengatakan pihaknya memastikan tidak ada yang dirugikan akibat adanya kendala teknis pada saat ujian beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa, 8 Desember 2020, ia mengatakan tidak boleh ada satu pun mahasiswa yang dirugikan dalam memperoleh layanan ujian ini.

'UT akan menyiapkan hari pengganti ujian apabila pada hari yang dijadwalkan terdapat hambatan aplikasi yang mengganggu kelancaran ujian mahasiswa,” ujar Ojat dilansir melalui Antara

Dia menjelaskan pihak UT telah bekerja keras melakukan segala cara untuk mengatasi hambatan teknis pada aplikasi dan tata kelola jaringan agar pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) Take Home Exam (THE) dapat berjalan lancar.

Baca Juga: Menteri BUMN, Erick Thohir Berfoto di Jalan President Joko Widodo, Uni Emirat Arab

Dengan adanya Pandemi COVID-19, ia mengaku UAS tidak mungkin dilaksanakan secara tatap muka. Hal itu dikarenakan potensi kerumunan yang sangat besar di satu tempat dengan durasi interaksi yang lama sangat rentan terhadap resiko penularan virus COVID-19.

Meskipun demikian, asesmen hasil belajar mahasiswa selama satu semester tetap harus dilakukan untuk menjaga kualitas akademik.

Oleh karena itu, sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19 serta Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020-2021 di Perguruan Tinggi, Direktorat Belmawa, Ditjen Dikti, pada semester ganjil tahun 2020 (2020/211-20202) Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan UAS secara daring. 

Salah satu skema baru dalam penyelenggaran UAS di Universitas Terbuka pada semester gasal ini adalah model THE. Modus THE adalah salah satu skema yang digunakan dalam rangka mengoptimalkan layanan online khususnya layanan ujian di masa pandemi. Pelaksanaan UAS THE dijadwalkan berlangsung dari tanggal 5 hingga 18 Desember 2020.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x