Doktor Honoris Causa Artinya Adalah Apa? Ini Arti Honoris Causa yang diberikan Perguruan Tinggi Kepada Tokoh

- 1 November 2023, 22:53 WIB
Penjelasan tentang apa itu artinya Doktor Honoris Causa.
Penjelasan tentang apa itu artinya Doktor Honoris Causa. /Pixabay/Dorothe

 

PR Metro Lampung News-- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Ekonomi dari Universitas Lampung pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Lalu, mantan Wali Kota Bandar Lampung Herman Hasanusi atau Herman HN juga mendapat gelar Doktor Honoris Causa (Dr. H.C.) dari Universitas Lampung (Unila) dalam bidang Ilmu Ekonomi pada Rabu 1 November 2023.

Sebelumnya adapula Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menerima gelar doktor honoris causa yang ke-10 pada Senin 2 Oktober 2023 dari Universiti Tun Abdul Rahman (UTAR), Selangor, Malaysia bidang ilmu sosial.

Baca Juga: IYCTC Mendorong Capres dan Cawapres Tidak Menjadikan Orang Muda Hanya sebagai Objek Politik Semata

Adapula pendakwah Ustadz Adi Hidayat, Lc., M.A yang mendapatkan gelar kehormatan Doctor Honoris Causa dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada Selasa 30 Mei 2023.

Arti Gelar Doktor Honoris Causa

Dari berbagai tokoh yang mendapat gelar Doktor  Honoris Causa (HC), banyak yang mungkin belum tahu apa itu arti gelar Doktor Honoris Causa dari perguruan tinggi yang diberikan kepada tokoh.

Doctor HC biasanya merujuk kepada gelar kehormatan doktor. Gelar kehormatan doktor adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh universitas atau institusi pendidikan tinggi kepada individu yang memiliki kontribusi luar biasa dalam bidang tertentu, meskipun mereka tidak memiliki gelar doktor dalam arti akademik yang sebenarnya.

Gelar kehormatan ini sering disingkat sebagai Dr. H.C. atau Honoris Causa dalam bahasa Latin, yang berarti dalam hormat kepada penyebab.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x