BMKG Prediksi Kecepatan Siklon Tropis 85 km per Jam, NTT NTB Sulawesi dan Maluku perlu Waspada

- 5 April 2021, 05:36 WIB
 Monitoring BMKG terkait dua bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu 3 April 2021.   
 Monitoring BMKG terkait dua bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu 3 April 2021.   /Badan  Meteorologi Klimatologi dan Geofisika/

 

PR Metro Lampung News-- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini atas potensi terjadinya siklon tropis.

Siklon tropis atau sistem tekanan udara rendah, di wilayah Indonesia diprediksi terjadi pada Senin dini hari pukul 01.00 WIB.

"Ada hal yang cukup mendesak untuk kami sampaikan malam ini, karena beberapa jam lagi bibit siklon tropis 99S yang sudah dideteksi sejak 2 April 2021 dan kami sudah memberikan peringatan dini di NTT, diprediksi sekitar pukul 01.00 WIB akan benar-benar menjadi siklon tropis," ucap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual yang disaksikan di Jakarta, Minggu 4 April 2021 malam.

Menurut BMKG, sejumlah wilayah di Indonesia perlu waspada akan siklon tropis ini. 

Baca Juga: BMKG: Potensi Hujan Lebat Hingga Akhir Tahun di Sebagian Wilayah Indonesia, Cek Wilayah Kotamu!

Baca Juga: BMKG Pantau Bibit Siklon Tropis, Berpeluang Terjadi Gelombang Tinggi di Wilayah Perairan Indonesia

Diantaranya Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan lainnya.

Dwikorita menyampaikan prediksi atas terjadinya siklon tropis itu dikeluarkan Tropical Cyclone Warning Center Jakarta di BMKG.

BMKG khawatir dampak dari siklon tropis itu makin menguat.

Dia menyampaikan posisi sistem siklon tersebut akan berada di sekitar Samudra Hindia Barat Daya Pulau Rote, dengan arah gerak sistem ke arah barat daya.

Kecepatan pergerakan ke arah barat daya sekitar 9 knot atau 10 km per jam menjauhi wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: D. W. Kusuma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x