Cara Membuat Sabun Batangan Alami di Rumah, Bisa Jadi Ide Jualan!

- 24 Mei 2022, 01:52 WIB
Catat yah dalam perlu disiapkan dan cara membuat sabun
Catat yah dalam perlu disiapkan dan cara membuat sabun / burst.shopify/sarah pflug/

PR Metro Lampung News–Sebagai bagian dari kebutuhan sehari-hari, sabun berperan penting dalam menjaga kebersihan tubuh serta kesehatan kulit. Sayangnya, tidak sedikit produk sabun di pasaran yang membuat kulit menjadi kering setelah dipakai.

Keringnya kulit akibat sabun, umumnya disebabkan oleh beberapa komposisi bahan detergen yang sifatnya basa dan mengangkat minyak yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar kulit. Salah satu bahan detergen yang umum ditemui pada sabun adalah Sodium Lauryl Sulphate(SLS).

Padahal, minyak yang diproduksi kulit dan pH alami kulit justru berfungsi untuk melindungi kelembapan, menjaga regenerasi, dan secara alami menjadi benteng pertahanan dari kuman dan bakteri.

Hal ini membuat sabun organik dengan bahan-bahan alami menjadi pilihan alternatif bagi orang-orang yang memiliki masalah kulit kering dan sensitif.

Sabun alami sebagian besar dibentuk oleh minyak tumbuhan yang telah banyak dipakai di berbagai industri kecantikan untuk menjaga kandungan air pada sel kulit, melembutkan, serta sebagai antioksidan.

Lantas, apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat sabun alami? Berikut hal-hal yang perlu disiapkan dan cara membuat sabun.

 Peralatan dan perlengkapan:

Sarung tangan pelindung

Kacamata pelindung

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x