AM dan PM dalam Jam Ini Penjelasan, Perbedaan, dan Cara Penulisan untuk Waktu yang Tepat

- 24 Mei 2022, 01:37 WIB
ketahui perbedaan untuk AM dan PM dalam jam menunjukan sian, pagi, sore dan malam
ketahui perbedaan untuk AM dan PM dalam jam menunjukan sian, pagi, sore dan malam /pixabay/geralt/

PR Metro Lampung NewsーAM dan PM adalah dua singkatan kata yang kerap muncul dalam penyebutan jam, dan dipakai di beberapa negara. Tidak sedikit orang Indonesia yang tertukar dan kesulitan menghafalkan perbedaan AM dan PM sekalipun sudah sering mendengarnya.

Sistem waktu 12 jam

Secara bahasa, AM dan PM atau a.m. p.m. adalah ingkatan dari bahasa latin ante meridiem dan post meridiem. Kedua istilah ini digunakan untuk membagi jumlah jam dalam sehari yang terdiri dari 24, ke dalam dua bagian yang masing-masing terdiri dari 12 jam.

Penyebaran dan penggunannya di negara lain

Sistem pembagian waktu ini digunakan oleh kerajaan inggris dan disebarkan ke negara-negara lain yang menjadi jajahannya maupun persemakmurannya ketika masa kolonial. Negara-negara tersebut di antaranya adalah Inggris, Kanada, Australia, Afrika Selatan, India, dan lainnya.

Oleh sebab latar belakang sejarah tersebut, tidak heran mengapa Indonesia tidak termasuk ke dalam negara yang menggunakan pembagian waktu tersebut.


Pembagian waktu a.m dan p.m

Pembagian waktu a.m. dimulai pukul 00.00 dini hari dan berakhir pada 11.59 tengah hari. Sedangkan p.m. dimulai pukul 12.00 siang hingga 23.59 dini hari.

Menghafalkan kedua bagian waktu tersebut menjadi pagi dan malam mungkin tidak terlalu tepat sebab keduanya mencakup maktu malam dan waktu siangnya masing-masing. Akan lebih mudah jika keduanya dipahami sebagai sebuah proses, a.m. adalah proses hari menuju siang sedangkan p.m. adalah proses hari menuju malam.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x