Jangan Sembarangan, Ini Jenis Pisang yang Boleh Dimakan Bayi

- 26 Desember 2020, 14:22 WIB
Ilustrasi pisang.*
Ilustrasi pisang.* /PIXABAY/security

PR Metro Lampung News-- Tidak hanya lezat, pisang juga kaya  kandungan Vitamin B6 dan Magnesium yang dapat mendukung perkembangan otak bayi, lho!

Berikut adalah kandungan pisang (nutrisi) yang baik untuk bayi, dilansir dari laman Ibu dan Balita:

• Karbohidrat: sebagai sumber energi.
• Vitamin A, B6, dan C: kesehatan mata, memaksimalkan fungsi darah, menyehatkan kulit, sistem saraf pusat, serta memperkuat sistem imun tubuh.
• Kalsium: untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang dan gigi.
• Potassium: sebagai sumber energi.
• Zat besi: untuk memperkuat tulang dan gigi, membentuk hemoglobin.
• Serat pektin: memperlancar sistem pencernaan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Anime Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Jenis Pisang yang Baik untuk Bayi
Ada berbagai jenis pisang yang bisa ditemui di pasaran, tapi tidak semuanya boleh dikonsumsi oleh bayi. Untuk bayi, sebaiknya memilih jenis-jenis pisang berikut ini:

1. Pisang Susu
Jenis pisang yang pertama adalah pisang susu. Teksturnya lembut dan ukurannya kecil, sehingga pas untuk porsi MPASI. Pisang ini mengandung beberapa manfaat bagi bayi, antara lain membantu memperlancar pencernaan, mengandung karbohidrat sebagai sumber energi, melancarkan metabolisme, mengandung vitamin, mineral, dan serat untuk tumbuh kembang bayi

2. Pisang Emas
Pisang emas juga baik untuk dijadikan menu MPASI bayi karena mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut, pisang ini akan disukai oleh bayi. Ukurannya yang mungil juga sangat pas untuk porsi bayi.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Pisang Supaya Cepat Berbuah

3. Pisang Ambon
Walaupun ukurannya besar, tapi pisang ambon juga boleh untuk dijadikan bahan MPASI pisang, karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Pisang ini juga mengandung kalori yang baik untuk metabolisme bayi, serta tinggi kalium untuk meningkatkan energi bayi. Tak hanya itu, pisang ambon mengandung serat yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan bayi.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: Ibu dan balita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x