Esport Jadi Industri yang Menjanjikan, Ini Tantangan, Peluang dan Pentingnya Peran Keluarga bagi Atlet

- 8 November 2023, 21:58 WIB
Tantangan, Peluang dan Pentingnya Peran Keluarga bagi Atlet Esport.
Tantangan, Peluang dan Pentingnya Peran Keluarga bagi Atlet Esport. /Pixabay/11333328

 

PR Metro Lampung News-- Industri esports menjadi sorotan saat ini karena pertumbuhan industrinya yang pesat. Pada tahun 2022, statistik valuasi esports mencapai 1.39 miliar dolar AS, hal ini mencerminkan popularitas dan potensi industri esport yang makin menjanjikan.

Apa yang membuat esports menjadi industri yang berkembang pesat?

Metro Lampung News memiliki kesempatan istimewa untuk mewawancarai Charlie Baillie, Co-Founder dan Chief Strategy Officer (CSO) Ampverse, mengenai tantangan dan peluang di industri esport.

Charlie Baillie, Chief Strategy Officer (CSO) dan Co-Founder dari Ampverse
Charlie Baillie, Chief Strategy Officer (CSO) dan Co-Founder dari Ampverse Instagram.com/@ampverseofficial

Menurut Charlie, terdapat beberapa faktor yang mendorong pesatnya perkembangan industri esports, antara lain:

1. Audiens global. Esports memiliki audiens global yang besar dan terus berkembang. Jutaan orang di seluruh dunia aktif menonton dan berpartisipasi dalam berbagai acara dan kompetisi esports, baik melalui platform online maupun secara langsung. Besarnya jumlah penonton dan partisipan ini menarik perhatian berbagai pihak, termasuk sponsor, lembaga penyiaran, dan investor.

2. Hak media dan penyiaran. Pendapatan acara esports meningkat melalui hak siaran dan streaming di berbagai platform, termasuk jaringan televisi, platform khusus esports, dan layanan streaming populer. Kita juga bisa menyaksikan peningkatan minat dari lembaga penyiaran TV tradisional secara global, seperti Star TV di India, yang memperoleh hak siar esports. Perusahaan media semakin sadar akan nilai konten esports dan bersedia membayar untuk hak siar, sejalan dengan praktik olahraga tradisional. Aliran pendapatan ini turut berkontribusi pada peningkatan penilaian industri esports secara keseluruhan.

3. Sponsor dan iklan: tim, pemain, serta acara esports menarik perhatian sponsor dan iklan dari berbagai sektor industri, termasuk teknologi, barang konsumsi, dan otomotif. Para sponsor ini melihat esports sebagai saluran pemasaran yang berharga untuk menjangkau demografi yang lebih muda dan melek digital. Keberhasilan esports dalam mencapai pasar target ini membuatnya menjadi platform pemasaran yang sangat efektif.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x