Jawaban Soal Jelaskan Proses Daur Nitrogen dan Fungsinya

- 29 Februari 2024, 20:55 WIB
Jawaban Soal Jelaskan Proses Daur Nitrogen dan Fungsinya
Jawaban Soal Jelaskan Proses Daur Nitrogen dan Fungsinya /

PR Metro Lampungg News-- Kini bahas artikel jawaban soal jelaskan proses daur nitrogen dan fungsinya.

Proses daur nitrogen adalah siklus biogeokimia yang menggambarkan perpindahan nitrogen di antara berbagai bentuk kimia dalam lingkungan.

Nitrogen merupakan elemen penting dalam kehidupan karena merupakan komponen utama dalam protein, asam nukleat (DNA dan RNA), dan banyak senyawa lainnya. Daur nitrogen melibatkan beberapa tahapan penting, di antaranya 

1. Fiksasi: Proses di mana nitrogen di atmosfer (N2) diubah menjadi bentuk yang dapat dimanfaatkan oleh organisme hidup. Fiksasi nitrogen dapat dilakukan oleh bakteri fiksasi nitrogen bebas dan simbiotik.

Bakteri fiksasi nitrogen bebas seperti Rhizobium dan Azotobacter mengubah nitrogen atmosfer menjadi amonia (NH3) atau nitrat (NO3-) yang dapat digunakan oleh tumbuhan.

Sementara itu, bakteri fiksasi nitrogen simbiotik hidup dalam hubungan mutualisme dengan tumbuhan leguminosa, membentuk nodul akar yang dapat mengubah nitrogen atmosfer menjadi senyawa yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman.

2. Ammonifikasi: Proses di mana senyawa organik yang mengandung nitrogen, seperti sisa-sisa tumbuhan dan hewan, diurai oleh bakteri dan fungi menjadi amonia (NH3) atau senyawa amonia lainnya.

3. Nitrifikasi: Proses di mana amonia (NH3) diubah oleh bakteri nitrifikasi menjadi nitrit (NO2-) dan kemudian menjadi nitrat (NO3-). Nitrat adalah bentuk nitrogen yang paling sering digunakan oleh tumbuhan dalam pertumbuhan dan metabolismenya.

4. Denitrifikasi: Proses di mana bakteri denitrifikasi mengubah nitrat kembali menjadi nitrogen gas (N2), melepaskannya kembali ke atmosfer. Proses ini mengurangi ketersediaan nitrogen dalam tanah.

Fungsi dari daur nitrogen sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, antara lain:

Halaman:

Editor: Hanisaul Khoiriyah


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x