Ciri Makhluk Hidup yang Dapat Diamati Pada Percobaan Menanam Kacang Merah

- 29 Februari 2024, 20:56 WIB
ciri makhluk hidup yang dapat diamati pada percobaan menanam kacang merah​
ciri makhluk hidup yang dapat diamati pada percobaan menanam kacang merah​ /

PR Metro Lampungg News-- Kini bahas info ciri makhluk hidup yang dapat diamati pada percobaan menanam kacang merah​.

Pada percobaan menanam kacang merah, beberapa ciri makhluk hidup yang dapat diamati meliputi:

1. Pertumbuhan: Dapat diamati perubahan ukuran dan struktur biji kacang merah dari waktu ke waktu. Misalnya, pertumbuhan akar dan tunas yang terjadi setelah biji ditanam.

2. Pergerakan: Ketika biji kacang merah mulai berkecambah, terlihat pergerakan tunas menuju ke permukaan tanah atau cahaya yang lebih terang.

3. Metabolisme: Dapat diamati bahwa biji kacang merah menggunakan cadangan makanannya (endosperma) untuk membangun jaringan baru selama proses perkecambahan.

4. Respon terhadap Stimulus: Tunas biji kacang merah akan tumbuh menuju sumber cahaya, menunjukkan respon terhadap stimulus cahaya yang disebut fototropisme.

5. Reproduksi: Pada tahap akhir siklus hidup, kacang merah yang telah tumbuh akan menghasilkan bunga dan kemudian polong yang berisi biji-biji baru, menunjukkan proses reproduksi.

Dengan melakukan pengamatan terhadap ciri-ciri ini, kita dapat memahami siklus hidup dan proses pertumbuhan kacang merah serta mempelajari prinsip-prinsip dasar biologi seperti metabolisme, pertumbuhan, dan respons terhadap lingkungan.

Sekian informasi ciri makhluk hidup yang dapat diamati pada percobaan menanam kacang merah​. ***

Editor: Hanisaul Khoiriyah


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x