Jawaban Apa yang Menjadi Dampak Sosial dari Kebijakan Pemekaran Tanah Selama Masa Penjajahan Jepang.

- 29 Februari 2024, 20:12 WIB
Jawaban Apa yang Menjadi Dampak Sosial Dari Kebijakan Pemekaran Tanah Selama Masa Penjajahan Jepang.
Jawaban Apa yang Menjadi Dampak Sosial Dari Kebijakan Pemekaran Tanah Selama Masa Penjajahan Jepang. /

PR Metro Lampung News-- Ini jawaban apa yang menjadi dampak sosial dari kebijakan pemekaran tanah selama masa penjajahan Jepang.​

Kebijakan pemekaran tanah yang dilakukan selama masa penjajahan Jepang di Indonesia memiliki dampak sosial yang signifikan, antara lain:

1. Pemusatan Tanah pada Penguasaan Jepang:

Salah satu dampak utama kebijakan pemekaran tanah adalah pemusatan kepemilikan tanah pada penguasaan Jepang. Tanah-tanah yang sebelumnya dimiliki oleh elite pribumi atau pemerintah kolonial Belanda seringkali direbut oleh Jepang untuk kepentingan militer dan industri.

2.Pengusiran dan Penindasan Petani:

Kebijakan pemekaran tanah juga sering kali mengakibatkan pengusiran dan penindasan terhadap petani yang merupakan pemilik atau penggarap tanah. Pemaksaan pemekaran tanah oleh Jepang seringkali mengakibatkan konflik sosial, penderitaan, dan kehilangan mata pencaharian bagi petani.

3. Perubahan Struktur Sosial Masyarakat:

Kebijakan pemekaran tanah yang dilakukan Jepang mengubah struktur sosial masyarakat, terutama dalam hal kepemilikan dan pengelolaan tanah. Pemusatan tanah pada penguasaan Jepang mengakibatkan terjadinya konsolidasi kekuatan ekonomi dan politik di tangan pihak yang berkuasa.

4. Penurunan Kesejahteraan Petani:

Pengambilalihan tanah oleh Jepang seringkali mengakibatkan penurunan kesejahteraan petani, baik karena kehilangan akses terhadap sumber daya maupun karena tekanan ekonomi yang diberlakukan oleh penguasa Jepang. Petani menjadi rentan terhadap eksploitasi dan penindasan yang dilakukan oleh penguasa militer.

Halaman:

Editor: Hanisaul Khoiriyah


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x