Jawaban Soal Jelaskan Sistem Politik yang Dianut Oleh Indonesia

- 29 Februari 2024, 19:49 WIB
jawaban soal jelaskan sistem politik yang dianut oleh Indonesia​
jawaban soal jelaskan sistem politik yang dianut oleh Indonesia​ /

PR Metro Lampung News-- Berikut ini jawaban soal jelaskan sistem politik yang dianut oleh Indonesia​.

Indonesia menganut sistem politik demokrasi yang diatur oleh konstitusi negara, yaitu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Secara resmi, Indonesia adalah sebuah negara republik yang berdasarkan pada lima prinsip utama, yang disebut sebagai Pancasila. Sistem politik Indonesia dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Demokrasi Pancasila:

Demokrasi Pancasila merupakan sistem politik yang mengakui prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar negara. Prinsip-prinsip tersebut antara lain: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

2. Presidensial:

Indonesia adalah negara dengan sistem presidensial, di mana kepala negara dan kepala pemerintahan (presiden) dipilih secara langsung oleh rakyat. Presiden memiliki wewenang eksekutif yang luas dan bertanggung jawab atas pengelolaan pemerintahan.

3. Parlementer:

Selain presiden, Indonesia juga memiliki lembaga perwakilan rakyat yang disebut Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). DPR merupakan lembaga legislatif yang terdiri dari dua kamar, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). DPR memiliki peran dalam pembentukan undang-undang dan pengawasan terhadap kebijakan pemerintah.

4. Sistem Pemerintahan Daerah:

Halaman:

Editor: Hanisaul Khoiriyah


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x