Contoh Puisi Bahasa Jawa Tentang Tema Pendidikan, Alam dan Perpisahan serta Artinya

- 12 Juni 2022, 22:15 WIB
Silahkan pelajari dengan  contoh puisi bahasa Jawa tentang tema pendidikan, alam dan perpisahan serta artinya
Silahkan pelajari dengan contoh puisi bahasa Jawa tentang tema pendidikan, alam dan perpisahan serta artinya /Unsplash/Debbu Hudson/

PR Metro Lampung News– Tiga contoh puisi bahasa Jawa tentang tema pendidikan, alam dan perpisahan serta artinya.

Puisi termasuk dalam ilmu sastra yang terdiri dari susunan sajak dengan makna tertentu, biasanya menceritakan sebuah pengalaman hidup, ataupun pesan yang ingin disampaikan penulis.

Penyusunan larik dan bait dalam puisi dapat disampaikan dalam berbagai bahasa, misalnya bahasa daerah maupun bahasa asing.

Geguritan dalam bahasa Bali ditulis serta disampaikan oleh satu atau dua orang dengan arti tertentu, berupa bentuk sebuah alunan lagu (Gunada,2021).

Dilansir dari buku, Geguritan Tradisional dalam Sastra Jawa oleh Prabowo, dkk (2002 : 2) menyebutkan, dalam tradisi Jawa geguritan merupakan bagian dari puisi, disebut juga kidung atau tembang.

Geguritan bahasa Jawa terbagi menjadi dua jenis, yang pertama geguritan bebas termasuk geguritan modern, sedangkan geguritan tradisional ditulis berdasarkan aturan-aturan.

Berikut memberikan contoh puisi bahasa Jawa tentang tema pendidikan, alam dan perpisahan serta artinya, dapat kamu gunakan sebagai bahan referensi.

1. Puisi Bahasa Jawa Tema Pendidikan

Masa ngajeng punika taksih dados misteri
Duka menika rupinipun bab ingkang endah utawi sa-wangsulipun
Kula badhe dados perangan saking misteri ingkang indah

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x