Pengertian Mengatur Waktu dan Cara Menerapkannya

- 30 Mei 2022, 23:01 WIB
Pengertian mengatur waktu dan cara menerapkannya
Pengertian mengatur waktu dan cara menerapkannya /pixabay/mohamed_hassan/

PR Metro Lampung News – Mengatur waktu merupakan masalah umum yang sering di alami oleh banyak orang. Faktor nya dapat berupa masalah internal hingga eksternal. Salah satu faktor penyebab ialah minim kesadaran tentang kepentingan mengatur waktu atau time management.

Mengatur waktu merupakan softskill yang bisa terapkan ketika memiliki aktivitas padat dalam satu waktu. Dibututhkan pemahaman mengenai manajemen waktu jika ingin memanfaatkan waktu dengan efektif.

Dengan adanya pemahaman mengenai manajemen waktu, maka aktivitas sehari-hari akan lebih terarah sehingga menciptakan kebiasaan disiplin. Tentunya disiplin akan memberikan manfaat seperti kehidupan yang produktif.

Manajemen waktu adalah tentang bagaimana seseorang membagi waktunya berdasarkan kebutuhannya dalam sehari, kemudian membaginya berdasarkan prioritas yang di dahulukan.

Prioritas dapat berupa tugas yang paling menantang untuk di selesaikan dan diberikan jangka waktu khusus dalam penyelesaiannya.

Cara untuk mengurutkan prioritas dalam manajemen waktu dapat dengan cara membuat strategi perencanaan, penjadwalan dan pembuatan daftar seperti To Do List.
Seringkali seseorang terjebak dalam kebiasaan menunda karena kurangnya kejelian dalam menentukan prioritas.

Contoh kecilnya ialah dalam belajar, dalam sistem pendidikan seperti kuliah atau sekolah, pelajaran yang membutuhkan perhatian tidak hanya satu.

Terkadang tiap mata pelajaran memiliki tugas dengan waktu pengumpulan yang berdekatan, tak jarang dikumpul dalam waktu bersamaan.

Disinilah alat yang bernama manajemen waktu akan membantu seseorang untuk mengerjakan pekerjaan nya secara efektif.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x