Inilah Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Lengkap Penjelasan

- 24 Februari 2021, 15:17 WIB
Proses tahapan daur hidup nyamuk dimulai dari telur hingga dewasa dan mengalami metamorfosis sempurna.
Proses tahapan daur hidup nyamuk dimulai dari telur hingga dewasa dan mengalami metamorfosis sempurna. /Freepik.com/


PR Metro Lampung News-- Metamorfosis diartikan sebagai proses perubahan baik berupa struktur atau fisik hewan pasca penetasan hingga dewasa. Untuk membantu lebih mengerti tentang metamorfosis, Metro Lampung News akan membagi informasi tentang contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna lengkap penjelasan.

Bagi sebagian pembaca yang memiliki latar belakang ilmu pengetahuan alam mungkin suara tidak asing lagi dengan istilah metamorfosis. Namun berbeda bagi para pembaca yang berlatar belakang ilmu sosial, maka dari itu dari artikel ini akan diuraikan contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna ditambah lengkap penjelasan. 

Sebelum ke contoh hewan yang masuk dalam metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna alahkah lebih baik mengetahui definisi metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Baca Juga: Dipangkas, Ini Jadwal Cuti Bersama Terbaru 2021 Serta Libur Nasional Tanggal Merah

Metamorfosis sempurna ialah proses perubahan siklus hidup pada hewan yang dimulai dari telur menjadi larva kemudian berubah menjadi pupa atau kepompong dan akhirnya menjadi hewan dewasa.
Metamorfosis tidak sempurna adalah proses perubahan siklus hidup hewan yang diawali dari telur yang berubah menjadi nimfa dan pada tahap akhir menjadi imago.

Tentu setelah memahami definisi tidak akan lengkap jika tidak menyebutkan contoh hewan yang bermetamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Inilah contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna lengkap penjelasan.
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah nyamuk.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah nyamuk
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah nyamuk Pixabay/WikiImages

Pada saat seperti sekarang ini, yakni pada musim penghujan nyamuk sangat cepat berkembang biak. Nyamuk menyukai tempat-tempat yang lembab.
Siklus metamorfosis nyamuk diawali dengan bertelurnya nyamuk betina. Kemudian masa pengeraman telur terjadi selama 2 hari.

Masa pengeraman bisa semakin cepat dengan didukung kondisi lingkungan hidup nyamuk yang dingin dan memiliki kelembaban yang tinggi.
Telur menetas menjadi larva pada saat pengeraman. Larva nyamuk atau yang lebih sering disebut jentik nyamuk ini akan mengalami perubahan struktur morfologi seperti pergantian kulit.

Selama kurang lebih 7 hari, larva nyamuk akan berubah menjadi pupa. Pada fase ini nyamuk mempersiapkan diri untuk dapat terbang dan menjadi nyamuk dewasa.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x