10 Besar Kampus Peraih Medali Terbanyak Ajang Pimnas ke-33

- 29 November 2020, 23:03 WIB
Tangkapan layar proses pemberian piala bergilir ke UGM karena sebagai juara umum di Pimnas ke-33
Tangkapan layar proses pemberian piala bergilir ke UGM karena sebagai juara umum di Pimnas ke-33 /Hanisaul Khoiriyah/Youtube UGM

PR Metro Lampung News-- Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-33 di Universitas Gadjah Mada (UGM) telah berakhir Sabtu, 28 November 2020. 10 kampus berhasil mengumpulkan medali terbanyak.

Ajang bergengsi itu digelar oleh Direktorat Belmawa Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI). Pimnas ke-33 diikuti 101 kampus Se-Indonesia dan perwakilan sebanyak 625 tim.

Dikutip youtube resmi UGM, 'Kampus Biru' julukan UGM berhasil mengumpulkan 56 medali. Berikut rinciannya, kategori poster meraih 9 perunggu, 5 perak, dan 8 emas. Serta dalam kategori presentasi meraih 12 perunggu, 10 perak, dan 12 emas.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Sekolah Boleh Dibuka, 9 Tips Persiapkan KBM Secara Langsung

Maka dengan hasil tersebut membuat kampus UGM kembali sebagai juara umum. Hal itu membuat UGM hattrick sebagai juara umum, sebab tiga tahun burturut 2018-2020 berada di puncak klasmen perolehan medali.

Dalam sambutannya, Mendikbud RI Nadiem Makarim menyampaikan bahwa para mahasiswa telah berhasil menelurkan buah pikir yang luar biasa dalam Pimnas ke-33 ini. Menurut dia, hal itu mengindikasikan bahwa pandemi Covid-19 tidak memadamkan geliat, semangat, dan kreaktivitas dari teman-teman mahasiswa.

Mantan CEO Gojek ini juga menyebut tujuan pelaksanaan Pimnas merupakan wahana potensi dan kreativitas mahasiswa agar semakin relevan dengan perkembangan zaman. Lanjut, dia mengatakan tujuan kegiatan Pimnas selaras dengan ide yang diusung dari Kemendikbud untuk kampus, yakni Merdeka Belajar episode 2, Kampus Merdeka.

Baca Juga: HUT Korpri ke-49, Simak 4 Fakta Sejarah Korpri

Program itu bertujuan untuk mengawinkan perguruan tinggi dengan dunia kerja dengan memberikan keleluasaan yang terarah bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi pengalaman dan pengetahuan dari luar kampus. “Saya mengapresiasi adanya usaha kreatif dan inovatif yang diusung melalui kegiatan ini. Selamat kepada seluruh teman-teman mahasiswa peserta PIMNAS ke-33. Teruslah berkarya dan menginspirasi,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Universitas Gajah Mada (UGM)


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x