PRMN Nilai Pentingnya Keikutsertaan Pemilih Muda di Pemilu 2024 saat Audiensi dengan Pimpinan KPU

- 1 Agustus 2022, 19:17 WIB
PRMN Nilai Pentingnya Keikutsertaan Pemilih Muda di Pemilu 2024 saat Audiensi dengan Pimpinan KPU
PRMN Nilai Pentingnya Keikutsertaan Pemilih Muda di Pemilu 2024 saat Audiensi dengan Pimpinan KPU /Pikiran Rakyat/

PR Metro Lamung News— Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang diwakili Anggota KPU Yulianto Sudrajat dan August Mellasz menerima audiensi Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) di Gedung KPU RI, Jakarta, Kamis, 28 Juli 2022.

KPU menyambut baik audiensi PRMN sebagai media berjaringan terbesar di Indonesia.

Yulianto Sudrajat menuturkan media arus utama dan jaringannya dapat mengimbangi berita yang diproduksi di media sosial, terutama menangkal hoaks dan konten negatif.

"Saat ini siapa pun bisa memproduksi berita atau postingan dan menyebarkannya tanpa verifikasi ke semua medsos," kata Yulianto.

Ia menilai, media bisa belajar dari maraknya informasi dan berita tanpa verifikasi berisi ujaran kebencian, SARA dan hoaks di platform media sosial pada Pemilu 2019 lalu.

Sementara itu, gelombang informasi hoaks dan konten negatif merusak pikiran banyak orang yang bisa menimbulkan efek merusak yang luar biasa di dunia nyata.

"Bahkan Dewan Pers pun tidak dapat menjangkau konten-konten disinformasi atau konten menyesatkan milik perseorangan (di medsos) ini," kata Yulianto yang merupakan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah periode 2018-2023.

Yulianto melihat persoalan hoaks, konten negatif, dan berita menyesatkan berkaitan erat dengan kedaulatan komunikasi di Tanah Air.

Kedaulatan komunikasi, kata Yulianto, sebuah kondisi di mana negara pun kesulitan melawan karena ruang informasi digital penuh unggahan-unggahan yang ada di media sosial.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x