Sejuta Puisi Untuk Jakarta Berakhir Sebentar Lagi, Hadiah Laptop Disiapkan untuk Penulis Puisi Terbaik

- 28 Mei 2022, 18:35 WIB
Sejuta puisi untuk Jakarta berakhir sebentar lagi, hadiah laptop disiapkan untuk penulis puisi terbaik
Sejuta puisi untuk Jakarta berakhir sebentar lagi, hadiah laptop disiapkan untuk penulis puisi terbaik /Pixabay/DariuszSankowski /

PR Metro Lampung News-- Jelang hari jadi DKI Jakarta, pihak pemerintah daerah mengadakan proyek Sejuta Puisi Untuk Jakarta yang mengundang seluruh warga Indonesia untuk berpartisipasi.

Proyek Sejuta Puisi Untuk Jakarta adalah kegiatan cipta puisi yang terbuka bebas bagi semua orang yang ingin menulis tentang Jakarta dalam bentuk puisi.

Seluruh puisi yang terkumpul akan dibuat menjadi antologi untuk koleksi Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) H.B Jassin.

Usia jakarta memang jauh lebih tua dari Indonesia sebagai sebuah negara. Meskipun sempat beberapa kali berubah nama, dari sunda kelapa, Jayakarta, Batavia dan baru menjadi Jakarta pada 1942.

Baca Juga: 6 Contoh Puisi Cinta Memperingati Hari Buku Nasional 2022 Terbaru dengan Makna Mendalam

Perhitungan usia tersebut baru mulai dilakukan pada tahun 1527, ketika nama Sunda Kelapa telah berubah menjadi Jayakarta.

Nama ini diplih sebagai simbol kemenangan Kesultanan CIrebon dengan dibantu Demak dalam upaya memisahkan diri dari kerajaan sunda.

Kemenangan tersebut membuat Sunda kelapa dikuasai Cirebon dan Fatahillah respi menamai sunda Kelapa menjadi Jayakarta yang berarti kemenangan dan dicapai.

Penduduk Jakarta sampai hari ini terdiri dari beragam suku dan bangsa.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x