Menteri Kominfo Johnny G Plate Sebut Pemerintah Fasilitasi untuk Kolaborasi Ekosistem Optimasi Ekonomi Digital

- 18 Juni 2021, 00:08 WIB
Forum Ekonomi Digital Satu di Grand Hyatt Hotel Jakarta ada Menteri Kominfo Johny G plate
Forum Ekonomi Digital Satu di Grand Hyatt Hotel Jakarta ada Menteri Kominfo Johny G plate /Youtube Kominfo RI/

PR Metro Lampung News-- Pemerintah mendorong pengembangan ekosistem ekonomi digital secara menyeluruh untuk terwujudnya potensi nilai ekonomi di Indonesia yang lebih baik.

Dalam Forum Ekonomi Digital Satu di Grand Hyatt Hotel Jakarta Selasa, 15 Juni 2021 Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G plate menyatakan pemerintahan memfasilitasi akselerasi pertumbuhan dan menyempurnakan kebijakan di bidang ekonomi digital.

Menurut Menteri Kominfo Jhonny G Plate upaya itu dilakukan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital di Indonesia.

Dikutip oleh PRMN Metro Lampung News dari Kanal YouTube Kemkominfo TV, Berdasarkan studi di tahun 2020 ekonomi digital indonesia setidaknya sekitar 44 miliar Yuan Dolla, dan di tahun 2025 Indonesia berharap diproyeksikan sebesar lebih dari 124 milyar US Dollar atau setara dengan sekitar 40 nilai digital ekonomi di Asia Tenggara.

Menkominfo menilai saat ini showcase industri utama ekonomi di GTA Indonesia, kerap diisi oleh industri seperti e-commerce, finansial teknologi, online media serta retailing.

Kondisi itu menurutnya menjadi bukti pertumbuhan digital ekonomi yang semakin melebar meluas dan membesar. Menteri Jhonny menjelaskan kunci untuk memajukan ekosistem ekonomi digital khususnya di Indonesia bagi seluruh pemangku kepentingan adalah penerapan karakter kerja dan semangat utama yaitu ketajaman equity, agility dan keberanian.

Dengan adanya keberadaan forum ekonomi digital ini, lalu Menkominfo mengharapkan dapat memetakan isu-isu terkait ekonomi digital.

Supaya untuk selanjutnya diupayakan oleh pemerintah dan ditindaklanjuti di level kebijakan maupun program strategis pemerintah, khususnya yang dikoordinasikan dan atau diselenggarakan oleh Kominfo RI. ***

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x