Gempa Bermagnitudo 6,1 SR Guncang Maluku Tengah, BMKG: Hati-Hati Gempa Susulan Waspada Lima Wilayah

- 16 Juni 2021, 16:59 WIB
Info gempa 6,1 SR di Maluku Tengah dan imbauan BMKG masyarakat untuk hati-hati gempa susulan lima wilayahtermasuk Ambon
Info gempa 6,1 SR di Maluku Tengah dan imbauan BMKG masyarakat untuk hati-hati gempa susulan lima wilayahtermasuk Ambon /bmkg.go.id/

PR Metro Lampung News-- Gempa bumi kembali menguncang daerah Indonesia bagian timur, tepatnya di wilayah Maluku Tengah pada tanggal 16 Juni 2021 pukul 11:43 WIB. Gempa bermagnitudo 6,1 SR di Maluku Tengah dikabarkan BMKG disertai imbauan kepada masyarakat untuk hati-hati adanya gempa susulan.

Perlu diketahui, gempa dengan kekuatan 6,1 SR ini terletak di 3,39 Lintang Selatan 129,56 Bujur Timur dengan kedalaman 10 km.

Catatan sebelumnya, pukul 8:59 WIB, wilayah Jayapura juga mengalami gempa dengan magnitudo 4,3 SR.

Dilansir dari Instagram resmi @infobmkg, total terdapat lima daerah yang dapat merasakan dampak gempa yang terjadi hari ini, yaitu daerah III Tehoru, III Masohi, III Bula, Kairatu III MMI dan Ambon II.

Kejadian gempa berlangsung sekitar 5 detik membuat masyarakat segera mencari tempat berlindung untuk menghindari jatuhnya bangunan di sekitar warga.

Sejauh ini belum ada informasi mengenai korban jiwa akibat gempa bumi yang terjadi. Sedangkan, beberapa rumah mengalami rusak parah, terutama di daerah III Tehoru.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat daerah Maluku Tengah, tepatnya 5 wilayah yang merasakan gempa untuk selalu waspada.

Adanya gempa susulan sangat memungkinkan dengan kekuatan magnitudo yang belum dapat dipastikan.

Tak lupa BMKG juga menghimbau warga masyarakat untuk tidak mendekati wilayah pantai yang memungkinkan longsor laut atas gempa yang sudah terjadi sebelumnya.

Sekian update tentang gempa bermagnitudo 6,1 SR di Maluku Tengah yang dikabarkan BMKG disertai imbauan kepada masyarakat untuk hati-hati terhadap gempa susulan. ***

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x