Sagittarius A*, Lubang Hitam Raksasa di Tengah Bima Sakti Berhasil Difoto

- 28 Mei 2022, 22:56 WIB
Sagittarius A*, lubang hitam raksasa di tengah bima sakti berhasil difoto
Sagittarius A*, lubang hitam raksasa di tengah bima sakti berhasil difoto /NASA.gov/

PR Metro Lampung News-- Pada 13 Mei lalu, NASA memberitakan tangkapan foto satelit berbasis sinar-X yang berhasil menangkap supermassive black hole atau lubang hitam raksasa di tengah galaksi bima sakti.

Pencitraan antariksa ini merupakan foto pertama yang berhasil menangkap bentuk lubang hitam yang jaraknya mencapai 27.000 tahun cahaya dari bumi tersebut.

Foto tersebut diambil oleh teleskop luar angkasa yang diberi nama Chandra.

Berbeda dengan teleskop biasa yang banyak diketahui oleh orang awam, teleskop ini diciptakan untuk mendeteksi pergerakan emergi beremisi tinggi di luar angkasa, sehingga objek dengan suhu tinggi dapat ditangkap, salah satunya lubang hitam.

Baca Juga: apod nasa gov Cara Buat The Pictures NASA Took When I Was Born Viral Hubble Images Foto Antariksa

Proses penangkapan gambar ini didukung oleh teknologi pengambilan data inframerah, data gelombang radio, teleskop raksasa, spektroskop, dan pengolahan data dengan teknologi komputasi untuk mendapatkan hitungan dan informasi yang presisi.

Proyek ini adalah projek gabungan antara berbagai ilmuwan dan pusat penelitian antariksa di berbagai dunia bernama Event Horizon Telescope.

Proyek ini berfokus pada penelitian lubang hitam, khususnya yang berada di tengah Galaksi Bima Sakti.

Lubang hitam raksasa di tengah Bima Sakti diberi nama Sagittarius A*(dibaca Sagitarius A Star) atau yang disingkat dengan Sgr A*.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x