Bacaan Surat Ali Imran Ayat 190-191 Lengkap Tulisan Teks Bahasa Arab, Latin dan Arti Maknanya

- 22 Juli 2022, 13:55 WIB
embahasan mengenai bacaan surat Ali Imran ayat 190-191
embahasan mengenai bacaan surat Ali Imran ayat 190-191 /Pixabay/Imenbonoise/
PR Metro Lampung News - Surat Ali Imran ayat 190-191 merupakan ayat dalam Al-Qur'an yang senantiasa mengajak untuk selalu mengingat Allah SWT.
 
Surat Ali Imran merupakan surat yang berada pada Jus ke-3 dengan jumlah ayat mencapai 200 Ayat.
 
Surat Ali Imran diturunkan di kota Madinah, sehingga surat ini dikategorikan sebagai surat Madiniyah.
 
Surat Ali Imran memuat tentang kisah keluarga Imran yang tertulis dalam Al-Qur'an. Banyak teladan serta seruan dari Allah SWT yang dapat dipetik melalui surat ini.
 
Pada surat Ali Imran ayat 190, Allah SWT menyerukan manusia untuk memperhatikan seluruh alam dan isinya, dan menyadari bahwa segala yang ada ialah karena kekuasaan Allah SWT.
 
Sementara pada Ali Imran ayat 191, Allah mengatakan bahwa orang yang beriman ialah mereka yang berpikir krtitis mengenai alam semester ciptaan Allah SWT.
 
Berikut bacaan surat Ali Imran ayat 190-191 lengkap tulisan bahasa Arab, latin dan arti maknanya. 
 
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman
اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ وَا خْتِلَا فِ الَّيْلِ وَا لنَّهَا رِ لَاٰ يٰتٍ لِّاُولِى الْاَ لْبَا بِ (190)
inna fii kholqis-samaawaati wal-ardhi wakhtilaafil-laili wan-nahaari la-aayaatil li-ulil-albaab
 
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,"
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 190)
 
الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَا مًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ ۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَا طِلًا  ۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَا بَ النَّا رِ(191)
allaziina yazkuruunalloha qiyaamaw wa qu'uudaw wa 'alaa junuubihim wa yatafakkaruuna fii kholqis-samaawaati wal-ardh, robbanaa maa kholaqta haazaa baathilaa, sub-haanaka fa qinaa 'azaaban-naar
 
"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 191)
 
Sekian pembahasan mengenai bacaan surat Ali Imran ayat 190-191 lengkap dengan bahasa Arab, latin dan arti maknanya.***

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x