Resmi Hasil Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Jatuh Pada Tanggal Senin 2 Mei 2022 Hilal Terlihat

- 1 Mei 2022, 18:57 WIB
Youtube Kemenag RI menyiarkan live streaming hasil Sidang Isbat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin 2 Mei 2022
Youtube Kemenag RI menyiarkan live streaming hasil Sidang Isbat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin 2 Mei 2022 /Chanel Kemenag RI/

PRMN Metro Lampung- Pemerintah Indonesia melalui Menteri Agama RI, Yaqul Cholil mengumumkan bahwa secara resmi hasil Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1443 H jatuh pada tanggal Senin, 2 Mei 2022.

Hal ini berdasarkan metode hisab dan rukyat atau rukyatul dengan pengamatan hilal di berbagai titik di Indonesia dengan hasil terlihat 3 derajat. 

Selaras Nahdatul Ulama atau NU juga memakai rukyatul hilal dan hisab menetapkan Lebaran Idul Fitri di hari yang sama dengan pemerintah.

Pemantauan hilal ini juga perlu didukung cuaca yang cerah, sehingga memudahkan untuk melihatnya melalui alat teleskop.

Perlu diketahui Sidang Isbat digelar di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta lalu diikuti secara daring oleh sejumlah perwakilan dari lokasi lain serta disiarkan secara live oleh berbagai stasiun TV.

Agar memudahkan masyarakat mengetahui secara cepat penentuan awal Lebaran pada tahun ini.

Sebelumnya melakukan Sidang Isbat 2022 pemerintah melakukan kegiatan awal, yaitu Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang dipaparkan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. 

Setelah itu, tepat pukul 19:15 WIB melalui TVRI, TV Pool dan sejumlah media sosial Kemenag sebagai wadah informasi utama penyampaian hasil pemantauan Hilal.

Maka bagi warga Indonesia bagian tengah dapat melihat pada jam 20:15 WITA sedangkan Timur sekitar 21:15 WIT untuk dapat melihat siaran langsungnya yang diumumkan oleh pemerintah.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x