Cara Daftar KIP Kuliah Beasiswa Buat Mahasiswa, Inilah Tahap-Tahapnya

- 1 Desember 2020, 15:42 WIB
Situs resmi KIP Kuliah Kemendikbud.
Situs resmi KIP Kuliah Kemendikbud. //kip-kuliah.kemdikbud.go.id

PR Metro Lampung News-- Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) adalah program bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik namun memiliki keterbatasan ekonomi. Pendaftaran KIP Kuliah itu pertama kali diterapkan sejak 2020. Dulunya, program ini dikenal dengan nama Bidikmisi.

Lalu, bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat yang akan melanjutkan ke pendidikan ke perguruan tinggi? Berikut Metro Lampung News merangkum 7 tahapan untuk cara daftar KIP Kuliah.

1. Siswa mendaftar secara mandiri
Tahapan pertama, siswa mendaftar secara mandiri pada laman resmi KIP-Kuliah di kip kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi Kip Kuliah Mobile Apps. Aplikasi ini dapat diunduh melalui android masing-masing calon peserta penerima KIP-Kuliah.

Baca Juga: Berikut 4 Syarat Daftar KIP Kuliah Progam Beasiswa dari Kemendikbud

2. Siswa menggunakan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif
Setelah membuka laman resmi KIP-Kuliah atau melalui aplikasi, calon penerima KIP-K menginput data diantaranya NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif.

3. Sistem KIP-K akan memvalidasi data
Sebelum dapat melangkah ke tahap berikutnya, peserta menunggu validasi data yang dilakukan sistem KIP-K.

4. Peserta menerima data
Bila data yang diinput telah berhasil divalidasi, maka peserta akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan dari sistem KIP Kuliah.

5. Jalur pendaftaran yang bisa diikuti
Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Mandiri).  Kelima jenis seleksi di atas dapat diikuti secara gratis oleh penerima KIP-K.

6. Ikuti seleksi
Siswa yang telah memilih jalur seleksi berikut perguruan tinggi dan jurusan. Selanjutnya mengikuti seleksi tersebut dan menunggu pengumuman kelulusan.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x