13 Link Twibbon 15 Januari 2022 Memperingati Hari Dharma Samudera, Ini Sejarahnya

- 15 Januari 2022, 13:13 WIB
13 link twibbon 15 Januari 2022 memperingati hari Dharma Samudera dan sejarahnya
13 link twibbon 15 Januari 2022 memperingati hari Dharma Samudera dan sejarahnya /Twibbonize.com/@masamudradhar/

PR Metro Lampung News--15 Januari diperingati sebagai hari Dharma Samudera. Info peringatan hari Dharma samudera sebagai tambahan pengetahuan bagi kita semua untuk semakin mencintai Indonesia beserta sejarah tentang  hari Dharma Samudera.

Mungkin masih banyak orang yang penasaran mengenai peringatan yang dilakukan setiap tanggal 15 Januari. Ternyata terdapat peristiwa besar ditanggal tersebut.

Mengenai sejarah 15 Januari yakni merupakan hari dimana bagsa Indonesia memperingati peristiwa pada saat para pahlawan melakukan pertempuran laut Aru dengan negara Belanda untuk bisa membebaskan Irian Barat tepatnya pada tanggal 15 Januari 1962.

Peristiwa ini terjadi di perairan Maluku saat pangkalan laut kita yang dipimpin oleh Yos Sudarso bersama para angkatan laut Indonesia berjuang untuk membebaskan Irian Bara dari Belanda.

Baca Juga: Asal dan Umur Ghozali Ghozalu Everyday NFT Selfie Jadi Kaya Mendadak Ini Profil Biodata IG, Kuliah dan Twitter

Terdapat 3 kapal laut Indonesia tercepat yang digunakan saat itu, yakni Kapal RI Macan Tutul, Kapal RI Macan Kumbang dan Kapal RI Harimau yang bersatu berjuang untuk menaklukan 2 pesawat terbang milik Belanda serta dua kapal Destroyer serta Freegat yang sangat canggih.

Dengan keterbatasan alat tempur yang dimiliki pihak Indonesia terus melawan Belanda.

Dalam peristiwa tersebut kapal RI Macan Tutul tenggelam dan menggugurkan para pahlawan kita sebanyak 25 awak kapal serta Yos Sudarso sebagai komodor.

Hingga kini peristiwa ini terus diperingati sebagai hari Dharma Samudera setiap tanggal 15 Januari.

Halaman:

Editor: D. W. Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x