Penyadaran Posisi Pers Mahasiswa Melalui Diskusi Publik

- 10 Maret 2023, 17:53 WIB
Poster diskusi publik bertajuk Kedudukan, Peran, dan Kebebasan Pers Mahasiswa di Kampus yang dihelat oleh UKPM Teknokra Unila. Mereka menghadirkan rektor Unila, dewan pembina Teknokra, LBH Pers, dan AJI.
Poster diskusi publik bertajuk Kedudukan, Peran, dan Kebebasan Pers Mahasiswa di Kampus yang dihelat oleh UKPM Teknokra Unila. Mereka menghadirkan rektor Unila, dewan pembina Teknokra, LBH Pers, dan AJI. /Rilis UKPM Teknokra Unila/

PR Metro Lampung News- Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung akan menggelar diskusi publik bertajuk Kedudukan, Peran, dan Kebebasan Pers Mahasiswa di Kampus. Diskusi itu dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-46 UKPM Teknokra Unila.

Pelaksanaan diskusi direncanakan di Pelataran Belakang Rektorat Universitas Lampung pada Sabtu, 11 Maret 2023. Para aktivis pers kampus tersebut mengundang rektor Unila, AJI Bandar Lampung, LBH Pers Lampung sebagai pemantik diskusi.

Persma Masih Dianggap Menjelek-jelekan Kampus

Ketua Pelaksana, Rara Maharani Bintang Lampung mengatakan tema ini diangkat karena masih banyak lapisan civitas academica kampus yang menyalah artikan peran pers mahasiswa. Menurutnya, banyak yang mengira, bahwa persma itu hanya boleh menampilkan yang bagus-bagus saja.

Baca Juga: Sederet Prestasi Dicapai, Pemum UKPM Teknokra Unila Nilai Itu Hanya Bonus

"Sebenarnya persma itu hadir untuk memberi tahu yang benar," tulisnya melalui rilis yang dikirim ke redaksi PRMN Metro Lampung.

Harus Tetap Kritis Jangan 'Termakan' Omongan Orang

Pemimpin Umum UKPM Teknokra 2023, Syendi Arjuna mengajak para awak jurnalis mahasiswa harus kritis lagi jangan sampai kalah oleh omongan-omongan yang menjelek-jelekan pers. Selain itu, jangan gentar nyalinya dalam mewartakan berita.

Lebih lanjut, Syendi mengatakan akademisi Unila yang harusnya paham hal-hal substansial tentang pers malah ikut untuk menjelek-jelekkan jurnalis mahasiswa, khususnya Teknokra. "Padahal kita membawa kebenaran agar suatu kemungkaran itu bisa berubah," katanya.

Baca Juga: Tulisan Jurnalistik Karya Dua Kru Teknokra Unila Raih Juara 1 Lomba Persma AJI Indonesia 2021

Keadaan Pers Mahasiswa Miris

Sisi lain, Syendi Arjuna juga mengungkapkan keadaan pers kampus saat ini sangat miris. Mahasiswa Ilmu Pemerintahan itu juga menyebut, bahwa peran jurnalis mahasiswa termasuk dalam empat pilar demokrasi.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Rilis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x