Ajak Warga Desa Tegal Yoso Lampung Timur Agar Senang Nanam Sayuran di Perkarangan Rumah Lewat Lomba

- 29 Juli 2021, 18:54 WIB
Ketua dan Wakil ketua TP PKK Lampung Timur, yakni Yus Bariah M. Dawam Rahardjo dan Huzaimah Azwar Hadi sedang foto bersama di depan perkarangan rumah warga Desa Tegal Yoso
Ketua dan Wakil ketua TP PKK Lampung Timur, yakni Yus Bariah M. Dawam Rahardjo dan Huzaimah Azwar Hadi sedang foto bersama di depan perkarangan rumah warga Desa Tegal Yoso /Rilis/

PRMN Metro Lampung News-- Desa Tegal Yoso, Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur (Lamtim) mengadakan lomba pemanfaatan pekarangan untuk tanam sayuran. Kegiatan tersebut diikuti tiga Kelompok Wanita Tani (KWT), yaitu Kebumen Cinta Lestari, Serumpun Mekar Sejahtera dan Sinar Mentari Sejahtera.

Perlombaan itu di didukung oleh Masyarakat dan Kepala Desa Tegal Yoso dan Konsorsium Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS). Kemudian, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), serta TPKK Lampung Timur.

Hadir pula Istri Bupati M. Dawam Rahardjo dan Wakil Bupati (Wabup) Azwar Hadi, yaitu Yus Bariah dan Huzaimah. Hal ini sekaligus perwakilan dari ketua dan wakil ketua TP.PKK Lamtim yang berkenan menjadi juri.

Ketua TP PKK Lamtim Yus Bariah M. Dawam Rahardjo mendukung kegiatan perlombaan itu. Alaasannya Desa Tegal Yoso bisa menjadi desa percontohan di Lamtim untuk memanfaatkan pekarang dengan menanam aneka ragam sayuran.

"Mudah-mudahan selain sebagai menjadi desa percontohan nantinya di Lampung Timur (Lamtim), bisa menjadi tempat wisata sayur," ungkapnya.

Rilis yang diterima PRMN Metro Lampung menginfokan bahwa berbagai tanaman sayuran dipajang di halaman rumah warga di Dusun empat, lima dan enam.

Kemudian tanaman sayuran tersebut sudah tertata rapi di rak kayu. Serta ditempatkan di teras rumah karena akan ada penilain lomba tanam sayuran antar Kelompok Wanita Tani (KWT).

Perlu diketahui warga di Desa Tegal Yoso menanam berbagai sayuran. Misalnya, kembang kol, seledri dan daun bawang. Lebih lanjut ada cabai, caisim, pokcoy, jahe, terong sebagai sayuran rumahan yang bisa dipanen pribadi untuk keperluan rumah tangga.

Tambahan informasi bahwa selain ketua KWT, terdapat pula 15 rumah yang dinilai. Lima belas rumah itu sebagai perwakilan dari tiga dusun yang turut ikut lomba.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x