Robot dengan Kecerdasan Buatan Lukis Wajah Ratu Elizabeth Jelang Perayaan Hari Jadi Ke 70

- 28 Mei 2022, 23:07 WIB
Tangkapan layar dari Reel Instagram resmi robot Ai-Da yang diunggah pada 27 Mei 2022
Tangkapan layar dari Reel Instagram resmi robot Ai-Da yang diunggah pada 27 Mei 2022 /Instagram @aidarobot/

PR Metro Lampung News-- Perayaan hari jadi Ratu Inggris telah diumumkan dan akan mulai dilaksanakan pada 2 Juni 2022. Ada yang tidak biasa dari perayaan kali ini.

Seorang robot dengan kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI) turut merayakan momen besar tersebut dengan melukis potret Ratu.

Jelang acara Platinum Jubilee, sebuah robot perempuan bernama Ai-Da membuat sebuah lukisan wajah Ratu Elizabeth dengan sentuhan Pop Art.

Lukisan tersebut ramai menuai pertanyaan dan perdebatan tentang hakikat seni.

Baca Juga: Membanggakan! Lukisan Karya Anak 15 Tahun Asal Indonesia Diapresiasi Unicef

Apakah lukisan yang dibuat oleh sebuah robot termasuk ke dalam seni atau bukan, terdapat berbagai pendapat soal hal tersebut.

Namun, di balik itu semua, robot yang digerakkan dengan teknologi kecerdasan buatan dan algoritma tersebut mengaku menyukai kegiatan melukis.

“Aku suka melukis, dan kuharap sang Ratu menyukai lukisan ini,” tutur Ai-Da, dikutip dari Video Ai-Da the robot unveils Queen’s Jubilee portrait unggahan kanal YouTube The Royal Family Channel pada 28 Mei 2022 pukul 3 dini hari WIB.

Dilansir dari situs resmi Ai-Da, robot pelukis ini dirancang oleh Aidan Meller dan Lucy Seal, peneliti sekaligus kurator dan direktur seni asal Oxford.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x