Ini Ciri-Ciri Alpukat Mentega Sudah Matang yang Legit dan Lembut

- 20 Desember 2020, 11:09 WIB
Ilustrasi ciri-ciri buah alpukat yang legit dan lembut
Ilustrasi ciri-ciri buah alpukat yang legit dan lembut /Pixabay/Stevepb

PR Metro Lampung News-- Alpukat, dikenal sebagai buah hijau yang bertekstur lembut serta kaya manfaat dan rasanya yang nikmat. Di Indonesia, buah ini sangat mudah dijumpai dimana-mana, tersedia hampir sepanjang tahun.

Akan tetapi, ternyata dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman tersendiri lho untuk memilih alpukat yang bagus, matang, serta tentu saja rasanya legit.

Dilansir dari sayurbox.com,  hal ini berlaku pula untuk jenis alpukat mentega yang tengah marak digemari oleh masyarakat saat ini.

Baca Juga: Cara Merawat Pohon Alpukat yang Benar Agar Cepat Berbuah dan Tumbuh Subur

Alpukat mentega yang belum matang tentunya akan keras dan terasa lebih pahit. Bagi kamu yang ingin mengonsumsi alpukat mentega ataupun mengolahnya menjadi berbagai sajian lezat, berikut ulasan mengenai ciri-ciri alpukat mentega yang matang.
 
1. Kulitnya berwarna hijau keunguan

Untuk mengecek kematangan alpukat mentega, hal paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperhatikan warna kulitnya. Alpukat dengan warna kulit hijau mengindikasikan usia yang muda.

Artinya, semakin hijau, maka semakin muda pula usia alpukat tersebut. Pastikan untuk memilih alpukat yang memiliki warna kulit ungu cerah dan mengkilap. Hindari memilih alpukat berwarna kulit ungu kusam dan lembek bila ditekan, karena beresiko terlalu matang dan mendekati busuk.
 
Jangan coba-coba untuk membelah alpukat hanya demi memastikan kematangannya. Sebab bila kulit alpukat terbuka ketika buah belum matang.

Maka hal ini akan mengganggu siklus kematangannya. Buah alpukat yang telah dikupas ini akan menjadi tidak matang-matang.

Baca Juga: Cara Membasmi Hama Ulat pada Tanaman Alpukat

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Sayurbox


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah