Pengertian Literasi Finansial Lengkap dengan 5 Komponen Prinsip Dasar

- 4 Juni 2022, 17:42 WIB
Penting memahami komponen dasar dari literasi finansial,manfaat yang kita dapatkan yaitu adanya kesadaran untuk terus mengasah kemampuan
Penting memahami komponen dasar dari literasi finansial,manfaat yang kita dapatkan yaitu adanya kesadaran untuk terus mengasah kemampuan /Pixabay geralt/

PR Metro Lampung News – Edukasi mengenai literasi finansial mulai sering dibagikan di media sosial.

Banyak masyarakat yang mulai sadar bahwa pengetahuan mengenai manajemen keuangan merupakan bekal yang diperlukan untuk masa depan kelak.

Edukasi mengenai literasi finansial menurut OJK (Otorasi Jasa Keuangan) sangat diperlukan sehingga masyarakat dapat meningkatkan tarah kesejahteraan finansial yang telah direncanakan.

Tentunya, dibutuhkan edukasi mengenai literasi finansial dalam membuat perencanaan yang tepat untuk mencapai kesejahteraan finansial yang dituju.

Dikutip dari situs resmi gln.kemdikbud.go.id, literasi finansial merupakan seperangkat pengetahuan dan keterampilan mengenai finansial yang meliputi pemahaman konsep hingga resiko untuk membuat keputusan finansial yang bijak.

Sederhananya, literasi finansial dapat dipahami sebagai ilmu manajemen keuangan.

Mengutip dari Modul Literasi Finansial di Sekolah Dasar dari Kemdikbud 2021, terdapat 5 komponen yang menjadi prinsip dasar di dalam literasi finansial, yaitu: 1. Usaha atau Bekerja (Pendapatan) 2. Belanja atau konsumsi (Pengeluaran). 3. Menabung 4. Berbagi 5.Pinjam-meminjam.

1. Usaha atau Bekerja (Pendapatan)
Penting untuk mendata pendapatan yang dimiliki sebelum dialokasikan pada anggaran-anggaran yang telah di rancang. Hal ini untuk menghindari adanya kekeliruan dalam pengeluaran dan berpotensi untuk mengacau tatanan rencana finansial.

2. Belanja atau konsumsi (Pengeluaran)
Buat anggaran pengeluaran. Bedakan jenis pengeluaran antara kewajiban, kebutuhan serta keinginan.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x