3 Jenis Bantuan Tunai 2021 Diluncurkan, Ini Dia Rinciannya!

- 5 Januari 2021, 12:53 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat peluncuran bansos tahun 2021 di Istana Negara. Tiga Program Bansos diluncurkan awal tahun ini. Berikut penjelasan dari Mensos.
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat peluncuran bansos tahun 2021 di Istana Negara. Tiga Program Bansos diluncurkan awal tahun ini. Berikut penjelasan dari Mensos. /YouTube/ Sekretariat Presiden

PR Metro Lampung News-- Presiden Jokowi secara resmi melakukan Peluncuran Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021, Senin 4 Januari 2021 di Istana Negara, Jakarta.

Terdapat tiga jenis antuan Tunai 2021 yang diluncurkan yaitu, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Presiden Jokowi berharap Bantuan Tunai 2021 ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi COVID-19. 

Baca Juga: Pemerintah Telah Siapkan 110 Triliun Untuk Bantuan Tunai 2021

Selanjutnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menjelaskan PKH ditargetkan menyasar 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp28,7 triliun.

Penyaluran Bantuan Tunai 2021 akan dilakukan dalam empat tahap yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober melalui bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Sasaran BPNT/Kartu Sembako target pertama adalah 18,8 juta keluarga, masing-masing mendapatkan Rp200 ribu setiap bulannya. dengan target anggaran sebesar Rp42,5 triliun. Penyaluran juga dilakukan oleh bank Himbara.

Baca Juga: Bantuan Modal Kerja senilai Rp2,4 juta, Suntikan Semangat Bagi Para Pelaku Usaha Kecil

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x